Aurat Wanita Dari Firman Allah Dan Hadits Nabi

  1. Bulu kening “Rasullullah melaknat perempuan yang mencukur/ menipiskan bulu kening/ meminta supaya dicukurkan bulu keningnya” (HR. Abu Daud)
  2. Kaki (tumit kaki) “Dan janganlah mereka (perempuan) membentakkan kaki (atau mengangkatnya) agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan” (QS. An-Nur : 31) Keterangan : menampakkan kaki & menghayunkan/ melenggokan badan mengikuti hentakan kaki.
  3. Wangian “Siapa saja wanita yang memakai wangi-wangian kemudian melewati suatu kaum supaya mereka itu mencium baunya, maka wanita itu telah dianggap melakukan zina dan tiap-tiap mata ada zina (HR. Nasaii ibn Khuzaimah & Hibban).
  4. Dada “Hendaklah mereka (perempuan) melabuhkan kain kudung hingga menutupi dada mereka” (QS. An-Nur : 31).
  5. Gigi “Rasulullah melaknat perempuan yang mengikir gigi atau meminta supaya dikikir giginya (HR. At-Thabrani)

“Dilaknat perempuan yang menjarangkan giginya supaya menjadi cantik, yang merubah ciptaan ALLAH” (HR. Bukhari & Muslim)

  1. Muka & Tangan. Asma binti Abu Bakar telah telah menemui Rasulullah dengan memakai pakaian yang tipis. Sabda Rasulullah “Wahai Asma! Sesungguhnya seorang gadis yang telah berhaid tidak boleh baginya menzahirkan anggota badan kecuali pergelangan tangan dan wajah saja” (HR. Bukhari & Muslim)
  2. Tangan “Sesungguhnya kepala yang ditusuk dengan besi itu lebih baik dari pada menyentuh kaum yang bukan sejenis yang tidak halal baginya” (HR. At-Thabrani & Baihaqi)
  3. Mata “Dan katakanlah kepada perempuan mukmin hendaklah mereka menundukan sebagian dari pandangannya” (QS. An-Nur : 31)

Sabda Nabi SAW “Jangan sampai pandangan yang satu mengikuti pandangan lainnya. Kamu hanya boleh pandangan yang pertama, pandangan yang seterusnya tidak dibenarkan” (HR. Tirmidzi & Abu Daud)

  1. Mulut (suara) “Janganlah kamu tunduk dalam berbicara sehingga berkeinginanlah orang yang ada penyakit dalam hatinya dan ucapkanlah perkataan yang baik” (QS. Al Ahzab : 32)

Tunduk = berbicara dengan sikap yang menimbulkan keberanian orang bertindak yang tidak baik terhadap mereka

Dalam hati mereka ada penyakit = orang yang mempunyai niat serong dengan wanita, seperti melakukan zina)

  1. Kemaluan “Dan katakanlah kepada perempuan-perempuan mukmin hendaklah mereka menundukan pandangannya dan menjaga kehormatannya (An – Nur : 31)
  2. Pakaian “Barang siapa memakai pakaian yang berlebih-lebihan, maka ALLAH akan memberikan pakaian kehinaan dihari akhir nanti” (HR. Abu Daud)

“Sesungguhnya sebilang ahli neraka adalah perempuan-perempuan yang berpakaian tapi telanjang yang condong pada maksiat dan menarik orang lain untuk melakukan maksiat, mereka tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya” (HR. Bukhari & Muslim)

“Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu, dan isteri-isteri orang mukmin, hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka, yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan ALLAH adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” (QS. Al Ahzab : 59)

  1. Rambut “Wahai anakku Fatimah! Adapun perempuan-perempuan yang akan digantung rambutnya hingga mendidih otaknya dalam neraka adalah mereka itu di dunia tidak mau menutup rambutnya daripada dilihat laki-laki yang bukan mahramnya” (HR. Bukhari & Muslim)

Sudah jelas tertulis dalam Al Qur’an dan Hadits Rasulullah SAW tentang Aurat wanita, lantas.. masihkah kita  mengingkari-Nya?? Masihkah kita bisa mengatakan “Aku belum siap berhijab??”
lantas.. sampai kapan kita SIAP?? adakah kita tau bahwa kita masih dapat bernafas tahun depan? bulan depan? minggu depan? lusa? besok? atau.. sedetik yg akan datang??

53 comments on “Aurat Wanita Dari Firman Allah Dan Hadits Nabi

  1. good ..
    akku sukka, jadii memotivasi aku buat terus memperbaiki diri dalam berjilbab.
    makkasiih infonya .. :)

    • Dari Abu Musa Al Asy’ary bahwanya ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

      أَيُّمَا امْرَأَةٍ اسْتَعْطَرَتْ فَمَرَّتْ عَلَى قَوْمٍ لِيَجِدُوا مِنْ رِيحِهَا فَهِيَ زَانِيَةٌ

      “Seorang perempuan yang mengenakan wewangian lalu melalui sekumpulan laki-laki agar mereka mencium bau harum yang dia pakai maka perempuan tersebut adalah seorang pelacur.” (HR. An Nasa’i, Abu Daud, Tirmidzi dan Ahmad. Syaikh Al Albani dalam Shohihul Jami’ no. 323 mengatakan bahwa hadits ini shohih)

      Dari artikel Hukum Wanita Mengenakan Parfum — Muslim.Or.Id by null

  2. alhamdulillah,semoga allah menambah kesadaran kita,dan smoga diri ini mau dgn iklas melakukannya,amiin ya robbal aalamiin

  3. Mencabut dan mencukur alis untuk merapikan termasuk larangan keterangan ini banyak sekali hadits yang menjelaskannya

    Dalilnya adalah sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam

    لَعَنَ اللَّهُ النَّا مِصَاتِ و الْمُتَنَمِّصَاتِ

    “Allah melaknat perempuan-perempuan yang mencukur alis dan perempuan-perempuan yang minta dicukur alisnya”

    لَعَنَ اللَّهُ النَّا مِصَاتِ و الْمُتَنَمِّصَاتِ ….. لَعَنَ اللَّهُ الوَاصِلاَتِ وَالْمُسْتَوْ صِلاَتِ

    “Allah melaknat wanita-wanita yang mencabut bulu, Allah melaknat orang yang menyambung rambut, dan yang minta disambung rambutnya”

    Menyambung rambut.

    “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat wanita yang menyambung rambutnya dengan rambut lain dan wanita yang meminta agar rambutnya disambung.” (HR. Bukhari Muslim)

    لَعَنَ اللَّهُ الْوَاشِمَاتِ وَالْمُسْتَوْشِمَاتِ وَالنَّامِصَاتِ وَالْمُتَنَمِّصَاتِ

    “Allah melaknat orang yang mentato dan yang minta ditato. Allah pula melaknat orang yang mencabut rambut wajah dan yang meminta dicabut.” (HR. Muslim no. 2125)

    An Nawawi rahimahullah ketika menerangkan an namsh, beliau katakan, “An naamishoh adalah orang yang menghilangkan rambut wajah, sedangkan al mutanammishoh adalah orang yang meminta dicabutkan. Perbuatan namsh itu haram kecuali jika pada wanita terdapt jenggot atau kumis, maka tidak mengapa untuk dihilangkan, bahkan menurut kami hal itu disunnahkan.” (Al Minhaj Syarh Shahih Muslim, 14/106)

    Jadi intinya kalau untuk merapikannya saja tanpa merubah dan lain sebagainya maka tidaklah mengapa asal jangan sampai mencabut dan memotongnya.

    Merapikan alis merupakan salah satu bentuk keindahan tanpa mengubahnya dll, sebagaimana layaknya seperti menyisir rambut untuk dirapikan.

    Sebagaimana kitab Shahih Bukhari menjelaskannya-hadits shahih dari Ibnu Mas’ud radhiyallhu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda,

    “Sesungguhnya Allah itu indah dan mencintai keindahan.”

    • ass. wr. wb. aku mau nanya, aku kan di kasih tugas dari sekolah tentang Mencari Dalil dan Hadist Al-Qur’an Tentang Menutup Aurat, nah disur ada arab nya, artinya, dan penjelasan nya, dari tadi aku nyari gak ada mulu, apa blh nanya nyarinya dimana? please terima kasih sebelumnya… :)
      wassallam wr. wb.

  4. tepat dan padat tanpa qias di dalam nyadan tanpa ada bantahan kesimpulannya jadi yang tidak menutup aurat bukan orang yang beragama islam ya………………

      • Jilbab itu hukumnya Wajib, perintah langsung dr Allah melalui surat Al-Ahzab 59, jd yg tidak pakai sm dgn bukan kaum muslimin, krn mereka menyerupai kaum jahiliyah.
        Ibadah yg kita lakukan tiada guna jika Aurat msh terbuka…..Astaqfirullah

  5. Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda:
    “Ada dua kelompok termasuk ahli neraka, aku belum pernah melihatnya:

    Suatu kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi, mereka memukul manusia dengan cambuknya, dan wanita yang kasiyat (berpakain tapi telanjang baik karena tipis, atau pendek yang tidak menutup semua auratnya), Mailat mumilat (bergaya ketika berjalan, ingin diperhatikan orang) kepala mereka seperti punuk onta yang berpunuk dua.

    Mereka tidak masuk surga dan tidak mendapatkan baunya padahal bau surga itu akan didapati dari sekian dan sekian (perjalanan 500 tahun).” (HR. Muslim 3971, Ahmad 8311 dan Imam Malik 1421).

  6. ASSALAMMULAIKUM WR WB

    “” SEGALA SESUATU DIAWALI DENGAN SURAT AL- FATIHAH DAN DI AKHIRI DENGAN SURAT AN-NASS ”

    TO : SYECH H. MAHHMUDINN PASARIBU

    AM COME FROM, GRESIK -JAWA TIMUR =
    U , FAMLY BIG FAMLY …..
    WHAT U THINKS ABOUT ” LINTAS AGAMA ” AND ME AND MY SON AND WIFE
    SOORY THANKS

    ASSALLAMMULAIKUM WR WB

  7. mau tanya kalo aurat (Rambut) ke lihatan sama kaka tiri atau adik tiri itu haram gak,,, mreka anak dari ayah tapi haya berbeda ibu saja terimakasih atas jawaban nya,.

  8. saya mau tanya nieh…
    sebenarnya para wanita itu disuruh menutup dadanya (berkerudung), hanya menutup kepala….dada…atau bgmna??
    nah sekarang ada hijabers mmg menutup dada, tpi tidak menutup di belakangnya…
    saya masih bingung….

  9. Ping-balik: New Posting | Amin Hilang

  10. kalo masalah aurat wanita saya yakin sudah banyak tau walaupun saya laki-laki…
    tapi ada yang jauh lebih membingungkan daripada hukum auratnya…
    kalo saya melihat aurat wanita yang masih belum muhrimnya gimana??
    contoh rambut,, wanita pake baju lengan pendek,, celana ketat,, atau waktu wanita itu pake baju renang??
    itu haram… saya tau kalo kayak gitu… kalo gag sengaja gag papa tapi cuman boleh 1 kali terus menghidari pandangannya agar tidak melihat lagi,, kalo lihat lagi haram… dosa…
    tapi itu susah… contoh dirumah saya aja,, agak sering saya menjaga toko ortu saya,, *belajar kerja sedikit-sedikit…* kalo ada orang beli yang pake lengan pendek atau gag berkerudung… kalo waktu jadi kasir saya tidak melihat orangnya kan gag sopan…

    mungkin waktu sekolah,, ketika ada kegiatan olah raga…dan ekstra itu gimana…
    dosa ya?? banyak banget dosa saya kalo gitu…

    cara mengurangi dosa2 kayak gitu gimana??

    tolong jawab secepatnya ya admin atau siapa aja yang tau banyak soal agama…

    • Kalo gitu kayaknya sudara Rahmad,maka perlu berwuduk dan solatan aja.Moga diampuni Alloh dan dibarokahi usaha dan amal seharian kita

    • Coba saya jawab ya,,
      Yang panjenengan jelasken itu memang hal yang tidak bisa dihindari, karena kita hidup di negara hukum dengan berbagai Pluralisme, panjenengan tidak bisa mengelak dari Pluralisme, karena sejatinya yang menciptakan demikian juga Allah. Manusia tidak bisa menciptakan apa-apa….

      Masalah melihat aurot lawan jenis yang bukan muhrim dan bukan juga halal, itu menurut saya jika panjenengan hanya melihat dengan mata, insyaallah tidak apa-apa, tapi jika anda melihatnya dengan nafsu, dan kemudian nafsu itu menguasai panjenengan, itu sebisa mungkin dihindari. Karena kita hidup tidak anda dilingkungan Islam, tetapi juga hidup dilingkungan agama lain (yang tidak perlu disebutkan). Maka dari itu, mari sikapi dengan bijak, boleh kita (kaum hawa) memakai jilbab seperti yang disyar’ikan oleh Islam, tapi jangan kemudian menuduh yang tidak berjilbab itu bukan orang Islam. Karena Islam atau pun bukan Islam bukan manusia yang tahu, tetapi hanya Allah Yang Maha Tahu. Apakah kita yakin bahwa kita orang Islam, padahal yang mampu kita lakukan hanyalah “Berusaha untuk Menjadi Orang Islam”. Jadi nasihat saya, jangan selalu memandang orang lain kemudian menyimpulkan bahwa dia bukan islam, kafir, musyrik, ahli neraka, jangan sampai demikian, karena Merasa Baik itu adalah bibit utama dari Kesombongan, dan Orang Sombong sudah pasti tidak akan masuk Syurga walau dia seorang Alim Ulama sekalipun. Karena saya pribadi takut, dengan menafsirkan dalil-dalil yang tersebut di atas (jika salah tafsir), akan menimbulkan pemikiran buruk kepada pembaca bahwa yang tidak berjilbab adalah seorang bukan islam alias kafir dan menganggap dirinya yang telah berjilbab sudah menjadi umat yang sempurna.

      Demikian saja ulasan dari saya, semoga kita tidak terjerumus dalam kerusakan.

  11. pak rahmad, share jg. sy wanita Alhamdulillah pake jilbab. dulu belum… dan menyesal telat untuk melakukannya… sy belum menjadi wanita yg penuh amalan sholeh, tapi berusaha untuk menjalankannya…
    untuk pekerjaan pak rahmad, sebaiknya melihat wajahnya, satu kali, dan selebihnya baca istighfar, dgn catatan mata jgn melihat sampai keseluruhan, biarkan wanita itu pergi tanpa kita pandangi kemana wanita itu pergi…
    jika kita sambil amati dengan seksama, dan lama untuk dilihat, itu bisa mengundang zina, nafsu dan dosa…
    tapi, para wanita yang tidak berakal, hanya menuding para laki-laki “itu krn pikiran loe jorok!”
    sy hny terheran-heran melihat para wanita tsb. mereka tidak ingat, krn setan masih ada dn memang janji iblis untuk menggoda manusia, salah satunya dgn nafsu syahwat.
    wajar jika laki2 menjadi nafsu, krn wanita yg dilihatnya berpenampilan seksi. jika tidak ada nafsu, tidak ada iblis dong. dan kegunaan nafsu yg bermanfaat bagi pasutri adlh, membuat laki-laki berhasil dgn istrinya. berhasil apanya??? sudah tau dong jawabannya

  12. mending kta hdup d’pondok jh jng hidup d’luaran.krna di luaran bnyk maksiat apa lgi wanita zaman skrng hampir 75% tdk bisa menjga keprawanan’y..
    tpi hdup tuh hrus sbr…..

  13. mau bertanaya ni, kata nya suara itu merupakan aurat bagi perempuan, dan menampakkan aurat itu haram hukum nya, lantas bagaimana dengan wanita yang mengikuti MTQ yang mengumandangkan ayat al-quran dengan suara nya di hadapan umum,, bagaimanakah hukumnya???

  14. Saya mw tanya ya? Saya sebenernya pengen bgt pke jilbab menurut syar’i tp masalahnya saya blum cukup uang untuk bli bju2 bru yang sesuai dgn syar’i.yg ada di lemari adalah bju2 yg menutup aurat tp ketat.itu gmn ya?truz klo ga pke kaos kaki boleh ga ya
    Thanks atas masukannya n saya bertanya karna ingin belajar mengenal agama saya lebih dalam

    • Kalau sudah ada niat untuk mau memakai jilbab hal itu lebih Allah sukai. Hidup ini berproses..jangan memaksakan diri untuk terlalu lebih dulu. yang apa adanya saja. Yang terpenting sudah melakasanakannya. Allah tahu apa2 yang kita niatkan..kalau itu bertujuan untuk-Nya. Trims

    • maaf sebelumnya,awal nya saya berfikir seperti yang anda fikirkan ,saya merasa belum siap,dan alasan nya juga mungkin sama ,tapi saya juga pernah berfikir,kapan kah jiga ada kata siap,jiga didalam diri kita tertanam ketakutan,dan tentang kaos kaki,alhamdullillah saya juga baru benutupi aurat bawah saya dengan kaos,saya merasa lebih tinggi kehormatan saya jika saya menggunakan itu,ingat allah akan memberikan jalan kepada hamba nya untuk berbuat baik,jangan fikirkan masalah baju dulu ,tap fikirkan niat dihati mu,,sebelum nya maaf .,. :)

  15. gimana hukum nya jika seorang istri suka membantah suami dengan keras bahkan memukul menyakiti fisik suami jika seddang marah, suka mendiamkan suami sampai berhari hari…

  16. terimasih ,atas hadist” nya,mudah”an para wanita diluar sana di berikan hidayah buat menutup aurat nya,dan menjaga kehormatan nya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s