Pribadi

Pribadi


Ambillah kesempatan lima sebelum lima: mudamu sebelum tua, sehatmu sebelum sakit, kayamu sebelum melarat, hidupmu sebelum mati, dan senggangmu sebelum sibuk. (HR. Al Hakim dan Al Baihaqi)

Pandanglah orang yang di bawah kamu dan janganlah memandang kepada yang di atasmu, karena itu akan lebih layak bagimu untuk tidak menghina kenikmatan Allah untukmu. (HR. Muslim)

Sesungguhnya persoalan-persoalan itu ada tiga macam, yaitu persoalan yang jelas bagimu sesatnya maka jauhilah, dan persoalan yang terdapat perselisihan di dalamnya maka serahkanlah (kembalikan penentuan hukumnya) kepada yang alim (ilmuwan). (HR. Athabrani)

Buta yang paling buruk ialah buta hati. (HR. Asysyihaab)

Usia umatku antara enampuluh dan tujuhpuluh tahun. Sedikit dari mereka yang melampauinya. (HR. Attirmidzi dan Ibnu Majah)

Mungkin pelampiasan nafsu syahwat yang sebentar berakibat kesedihan yang lama. (HR. Al Baihaqi)

Rasulullah bersabda dengan membawakan firman Allah dalam hadist Qudsi:
Pandangan mata adalah panah beracun di antara panah-panah Iblis. Barangsiapa meninggalkannya karena takut kepada-Ku, maka Aku ganti dengan keimanan yang dirasakan manis dalam hatinya. (HR. Al Hakim)

Ibnu Abi Waqqash berkata, “Ketika aku sakit, Rasulullah datang menjenguk dan aku berkata, “Ya Rasulullah, bolehkan aku mewakafkan seluruh hartaku?” Nabi saw. mejawab, “Tidak.” Aku bertanya lagi, “Separonya?” Beliau menjawab, “Meninggalkan keluargamu dalam keadaan baik (senang) lebih baik dari membiarkan mereka miskin mengemis pada orang-orang.” (HR. Al Bukhari)

Hendaklah kamu bertakwa kepada Allah. Jika seseorang membongkar keburukan yang diketahuinya pada dirimu janganlah kamu membongkar keburukan yang kamu ketahui ada pada dirinya. (HR. Ahmad dan Attirmidzi)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s