Adab

Adab


Berhati-hatilah dengan telanjang karena ada (makhluk) yang selalu menyertai kamu (malaikat) yang tidak meninggalkan kamu kecuali kalau kamu buang hajat dan bersenggama dengan keluarga. Malulah terhadap mereka dan hormati mereka. (HR. Tirmidzi)

Sesungguhnya Allah indah dan senang kepada keindahan. Bila seorang keluar untuk menemui kawan-kawannya hendaklah merapikan dirinya. (HR. Al Baihaqi)

Apabila kamu memelihara rambut hendaklah dimuliakan Rambut itu hendaklah disisir, dirapikan dan tidak acak-acakan.. (HR. Abu Dawud dan Aththahawi)

Yang muda mendahului memberi salam kepada yang tua, yang lewat kepada yang duduk dan yang berjumlah sedikit kepada yang banyak. (HR. Al Bukhari)

Rasulullah melarang orang kencing di air yang tidak mengalir. (HR. Muslim)

Berhati-hatilah duduk-duduk di pinggir jalan. Para sahabat bertanya, “Ya Rasulullah, bagi kami sesuatu yang tidak dapat kami tinggalkan. Dalam berkumpul (majelis) itu kami berbincang-bincang.” Nabi saw menjawab, “Kalau memang suatu keharusan, maka berilah jalan itu haknya.” Mereka bertanya lagi, “Apa yang dimaksud haknya itu, ya Rasulullah?” Nabi menjawab, “Palingkan pandanganmu (dari memandang kaum wanita) dan jangan menimbulkan gangguan. Jawablah tiap ucapan salam dan beramar ma’ruf nahi mungkar.” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

Nabi saw. mendatangi serombongan orang yang sedang duduk-duduk di pinggir jalan lalu beliau berkata, “Kalau memang harus kamu lakukan maka balaslah ucapan salam dan tolonglah orang yang dizalimi. Tunjuki jalan bagi orang yang bertanya. (HR. Abu Dawud)

Janganlah kamu kencing ke dalam lobang (tanah). (HR. Anasa’i)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s