Debat Imam Abu Hanifah/Atheis

Imam Abu Hanifah berdebat dengan seorang yang atheis, dia menanyakan ” Apakah anda percaya bila saya katakan ada sebuah kapal dengan muatan yang penuh di tengah tengah ombak besar lautan ia tetap bisa berlayar dengan baik meskipun tanpa nahkoda ? Orang atheis itu pun menjawab ” Tentu tidak percaya”. Nah, begitu pula dengan alam semesta ini, …bagaimana mungkin alam semesta ini yang sangat luas dapat berjalan sangat teratur dengan sendirinya ? tentulah ada yang menciptakannya, kata Imam Abu Hanifah.

Di waktu lain Syeikh Abu Hammad diundang oleh orang orang atheis yang ingin berdebat dengannya periha “Dzat Allah”. Karena sesuatu hal Syeikh Abu Hammad memerintahkan mruidnya, Imam Abu Hanifah untuk memenuhi undangan kelompok orang atheis tersebut. Percakapan pun dimulai.

Orang Atheis : “Tahun berapa tuhan engkau diciptakan ?”

Imam Abu Hanifah : ” Tuhan tidak dilahirkan, kalau tuhan dilahirkan tentunya dia punya ayah dan ibu, lam yalid wa lam yuulad”.

Orang Atheis : “Tahun berapakah tuhan muncul ?”

Imam Abu Hanifah : ” Tuhan ada sebelum adanya waktu dan penanggalan, Tuhan lah yang menciptakan waktu”.

Orang Atheis : “Kami minta contoh kongkrit”.

Imam Abu Hanifah: Bilangan berapa sebelum empat ?”

Orang Atheis : ” Tiga”.

Imam Abu Hanifah: Bilangan berapa sebelum tiga ?”

Orang Atheis : ” Dua”.

Imam Abu Hanifah: Bilangan berapa sebelum dua ?”

Orang Atheis : ” Satu”.

Imam Abu Hanifah: Bilangan berapa sebelum satu ?”

Orang Atheis : ” Tidak ada “

Imam Abu Hanifah: Jika dalam ilmu hitung saja tidak ada sebelum satu, bagaimana dengan satu hakiki adanya tuhan ? Sesungguhnya Dia lah yang permulaan dan yang akhir”.

Orang Atheis : “Kemanakah arah Tuhan menghadap?”

Imam Abu Hanifah:” Jika kita menghadapkan sebua lampu di dalam kegelapan, maka ke arah manakah cahaya lampu itu?”

Orang Atheis : ” Ke semua arah “

Imam Abu Hanifah : ” Begitulah , juka cahaya yang dibuat oleh manusia saja seperti itu bagaimana dengan cahaya langit dan bumi?”

Orang Atheis : ” Bagaimana bentuk Dzat Tuhan, apakah dia seperti air, besi atau seperti asap ?”

Imam Abu Hanifah : “Pernahkah anda melihat orang sakratul maut dan meninggal ? apakah yang terjadi ?”

Orang Atheis : “Keluarnya ruh dari jasad “.

Imam Abu Hanifah : ” Bagaimana bentuk ruh ?”

Orang Atheis : “Kami tidak tahu”

Imam Abu Hanifah : ” Bagaimana kita bisa menjelaskan ruh Dzat Tuhan, sementara ruh ciptaan -Nya saja anda tidak tahu”.

Orang Atheis : “Lantas di tempat manakah tuhan berada ?”

Imam Abu Hanifah : “Kalau kita menyuguhkan susu segar, maka di dalam susu itu adakah minyak samin ?”

Orang Atheis : “ya.

Imam Abu Hanifah : ” Dimanakah letak minyak samin ?”

Orang Atheis : “Minyak samin itu bercampur menyebar di dalam kandungan susu”.

Imam Abu Hanifah : ” Bagaimana aku harus menujukkan dimana Allah berada, kalau minyak samin yang ciptaan manusia saja tidak dapat anda lihat dalam kandungan susu itu ?”

Orang Atheis : “Jika semua yang ada dunia ini sudah ditakdirkan, lalu apa yang dikerjakan Tuhan sekarang ?”

Imam Abu Hanifah : ” Menunjukkan apa yang telah diciptakan -Nya, meninggikan derajat sebagian manusia dan merendahkan sebagian manusia lainnya.

Orang Atheis : ” Jika waktu permulaan masuknya manusia ke surga ada, mengapa tidak ada akhir waktunya “

Imam Abu Hanifah : ” Bukankah ilmu hitung yang kita kenal ada awalan, namun tidak ada akhirannya ?”

Orang Atheis : ” Jika di surga diceritakan ada selalu ada makan – seperti di dunia sekarang ini, kenapa tidak ada buang air besar atau buang air kecil ?”

Imam Abu Hanifah : “Bukankah selama 9 bulan di kandungan janin selalu makan melalui darah ibu, dan tidak buang air besar atau air kecil ?

Orang Atheis : ” Bagaimana mungkin kenikmatan makanan di surga tidak akan habis selamanya ?” padahal terus menerus dimakan “.

Imam Abu Hanifah : ” Bukankah kalau ilmu yang diamalkan tidak membuat kita bodoh, justeru membuat kita lebih pintar ?”

Itulah pembuktian akal atas Dzat Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa, Tuhan Yang Maha Pencipta. Sesungguhnya akal kita diciptakan dalam keterbatasan, namun demikianlah Allah memerintahkan kita untuk selalu berpikir atas segala sesuatu yang telah diciptakan Nya.

Kalau sekiranya Kami menurunkan Al Qur’an ini kepada sebuah gunung, pasti kamu akan melihatnya tunduk terpecah belah disebabkan takut kepada Allah. Dan perumpamaan-perumpamaan itu Kami buat untuk manusia supaya mereka berpikir.(QS.59.21)

Alangkah celakanya kita, kalau semua tanda tanda kekuasaan Allah swt yang terlihat dan terasa oleh kita saja tidak dapat menumbuhkan suatu bentuk keimanan dalam diri kita. Perasaan iman adalah fitrah yang tidak mungkin dibohongi oleh semua makhluk Tuhan, mungkin secara lisan dia tidak mengakuinya, tetapi hakikat iman pastilah ada di dalam ruhnya masing-masing.

Hai manusia, telah dibuat perumpamaan, maka dengarkanlah olehmu perumpamaan itu. Sesungguhnya segala yang kamu seru selain Allah sekali-kali tidak dapat menciptakan seekor lalat pun, walaupun mereka bersatu untuk menciptakannya. Dan jika lalat itu merampas sesuatu dari mereka, tiadalah mereka dapat merebutnya kembali dari lalat itu. Amat lemahlah yang menyembah dan amat lemah (pulalah) yang disembah.(QS.22.73)

Bagaimana mungkin manusia yang sombong dapat melakukan atau menciptakan sebuah atau sesuatu barang satu saja persis seperti yang Allah ciptakan ? Tidaklah mungkin. Teknologi manapun tidak akan pernah membuat atau menciptakan persis dengan yang Allah ciptakan.

Dan apabila ada orang yang kufur (tertutupi) atas kekuasaan Allah swt, maka semata mata karena mereka tidak mengerti, yang pada akhirnya ketidakmengertiannya akan menutupi mata hatinya sendiri, padahal hati mereka yang sebenar benarnya mengakui atas Dzat Allah swt Sang Pencipta.

Akhirul kalam, tidakkah kita malu kepada Sang Pencipta padahal kita tahu bahwa kita ada yang menciptakan. Masih pantaskah kita menyombongkan diri di hadapan Dzat Yang Maha Besar? Tidaklah setiap orang menciptakan dirinya sendiri, sehingga ia dapat menyombongkan diri.

Apakah mereka diciptakan tanpa sesuatu pun ataukah mereka yang menciptakan (diri mereka sendiri)?(QS.52.35)

“Sesuatu yang tidak ada, tidak mungkin menciptakan sesuatu yang ada “

1 comments on “Debat Imam Abu Hanifah/Atheis

  1. ada 2 hal yg salah dari jawaban imam hanafi…
    1. bukti sakitnya orang atheis..
    klo seumpama dahi orang atheis itu dilempar lalu memar / berdarah, maka itu sudah jadi bukti…
    seharusnya jawaban imam hanafi, tetap memberikan bukti2 kekuasa’an ALLAH. bukan hanya dengan logika.

    2. dimana ALLAH. imam hanafi memberi contoh lemak dalam susu. lemak itu adalah bahan dasar & bahan penyusun dalam susu. dan lemak tsb merupakan partikel2 kecil penyusun susu. sedangkan ALLAH adalah pencipta alam semesta. ALLAH itu satu, wujud & sangat nyata. jelas sangat jauh perumpama’annya. ALLAH ada di atas langit, di atas arsy. banyak hadist & qur’an yg menyatakan

Tinggalkan komentar