Apakah Islam Itu

1. Asli Kata al-Islam berasal dari bahasa Arab, dengan kata dasar salima (sin, lam, mim) yg memiliki beberapa ma’na antara lain : selamat,
bebas, atau murni.
Dari kata sali…ma terbentuk beberapa kata dasar dg imbuhan 1 huruf yg sering dikenal dg tsulatsi mazid 1, antara lain kata aslama-yuslimu-islaaman yg juga memiliki beberapa makna, seperti : tunduk patuh atau menyerahkan. Demikianlah pengertian dan asal usul kata al-isla secara bhs.

Dari akar kata salima, ada beberapa kata yg kita jumpai di dalam Al-quran, antara lain :

2. Islamul wajhi (aslama wajhahu) : menundukkan wajah 4:125

Hal ini berarti bahwa, setiap org yg mengaku telah masuk ke dalam Islam, dia harus menundukkan wajahnya, yakni menyerahkan dirinya kpd Allah swt. Penyerahan diri juga berarti bahwa kita mengakui kerendahan diri kita sekaligus mengakui kebesaran Allah swt.

3. al-istislaam : menyerah (aslama man fissamawati wal ardl) 3:83

Ada kemiripan ma’na antara QS 4:125 dg 3:83. Pd 4:125 Allah mengungkapkan dg bhs aslama wajhahu atau islamul wajh yg juga dpt diterjemhakan dg menyerah diri spt terdpt pada AL-quran dan terjemahan terbitan depag, demikian pula pada QS 3:83 dimana Allah swt mengungkapkan dg bhs aslama man fissamawati wal afrdli, berserah diri segala apa yg ada di langit dan di bumi kpd Allah.

4. As-salamatu atau Saliim : bersih 26:89

Ini mengisyaratkan bahwa seorg yg mengaku berislam, atau mengaku sbg muslim, dia harus memiliki sifat yg bersih, di mulai dari hati yg bersih, tutur kata yg bersih, dan perbuatan yg bersih. Bersih dari kotoran dan najis, bersih dari sifat korup dan khianat, bersih dari dosa & buruk sangka dsb. Seorang muslim harus menjadi mister clean di lingkungannya masing-masing.

5. As-salaam : Selamat atau sejahtera 6:54

Org yg telah masuk Islam, Insyaallah dia akan menjadi manusia yg selamat dari siksa neraka, org yg benar-benar menjalankan agama Islam maka dia akan merasakan kesejahteraan di dunia dan di akhirat, sedangkan org yg anti terhadap Islam maka dia tidak akan dapat hidup selamat dan sejahtera di sisi Allah swt, meskipun parameter sejahtera berbeda dari satu org dg yg lainnya .

6.as-salmu 47:35 : Damai (atau as-silmu 2:208 )

Seorg yg telah masuk Islam dia akan mendapatkan kedamaian hidup, seorg muslim akan damai ketika hidup berdampingan dg muslim yg lain. Islam adalah agama yg cinta damai, namun bukan berarti kita harus tampil sbg kelompok yg lemah dan meminta damai ketika diserang. Islam menginginkan agar manusia hidup bermartabat dan tidak ada penindasan satu sama lain, shg mereka hidup damai di bawah naungan al-Islam.

7. Kalimatul islam

semua ma’na kata yg berasal dari kata SALIMA atau AL_ISLAM yg kita jumpai di dalam AL-quran tsb di atas, harus terrefleksikan dalam Islam sbg agama yg kita imani. Nama agama Islam tdk diambil dari tokoh yg menciptakan, membawa dan atau menyebarkannya, seperti pada beberapa agama lain, akan tetapi nama ISLAM diambil dari sikap yg harus ada pada setiap pemeluknya, seperti yg telah terungkap dari beberapa ma’na kata yg telah kita bahas.

Adapaun kata Al-Islam sbg suatu ad-diin atau agama, ia memiliki beberapa makana, antara lain :

8. Al-hudluu’ : Tunduk 4:125 3:83 (dan 24:51)

seperti yg kita bahas pada QS 4:125 dan 3:83 di atas bahwa Islam berarti menundukkan wajah, berserah diri, tunduk dan patuh, maka ditegaskan pada QS 24:51 bahwa seorang muslim dan mu’min harus selalu tunduk kpd Allah dan rasulnya, ketika kita dipanggil untuk menegakkan dan membela agama Allah, menjalankan dan mendakwahkan sunnah rasulullah saw maka, kita harus menjawab sami’na wa atho’na, kami mendengar dan kami mentaatinya.

Jadi Islam adalah : Tunduk dan patuh kpd Allah dan rasulullah.

9. alwahyul ilaahi : Wahyu Allah 53:3-4 21:7

Islam adalah sebuah agama wahyu yg diturunkan dari Allah swt kpd Muhammad utk semua manusia, agama Islam adalah agama yg bersumber dari wahyu Tuhan atau dogma ilahi, sehingga kebenarannya bersifat absolut/mutlak, tidak mungkin ada kesalahan dalam ajaran yg turun langsung dari Allah swt. Jika kita melihat ada sesuatu yg kurang tepat dalam ajaran Islam, itu berarti bahwa kita masih memiliki pemahaman dan pemikiran yg sangat terbatas , akal kita masih sangat terbatas dan belum mampu memahami nilai-nilai kebenaran dari Tuhan.

Jadi Islam adalah wahyu yg turun dri Allah swt.

10. Dinul anbiya’ wal mursalin 3:84

Akidah Islam yg kita imani, yg bersumber dari AL-quran dan sunnah rasulullah Muhammad saw juga merupakan akidah yg diturunkan kpd para nabi sebelum nabi Muhammad saw seperti nabi Ibrahim, Ismail, Ishaq, Ya’qub, Musa, Isa dll. Tidak ada perbedaaan mengenai pokok-pokok keimanan atau akidah di kalangan para nabi dan rasul, perbedaan yg ada adalah pada masalah syariat seperti bagaimana cara puasa, cara menjalankan ibadah haji, cara melakukan sholat dsb adapun keimanan maka tidak ada perbedaan sedikitpun di antara ajaran anbiya’ wal mursalin.

Jadi Islam adalah agama yg diturunkan kpd, diikuti dan dianut oleh: para nabi dan rasul, al-anbiya wal mursalin yg mulia.

11. Ahkaamullah : Hukum-hukum Allah swt 5:48-50

Islam adalah system hidup yg berisi hukum atau peraturan-peraturan yg diturunkan oleh Allah swt dan harus dijalankan oleh semua pemeluknya, barangsiapa yg tdk menjalankan hukum Allah swt maka dia telah keluar dari Islam, dan semua hukum yg bertentangan dg hukum Allah swt, adalah hukum jahiliyah, dan barangsiapa mengamalkan hokum jahiliytah, maka ia adalah tergolong manusia-manusia jahiliyah yg ingkar terhadap Allah swt.

12. As-sirootul mustaqiim : Jalan yg lurus 6:153

Islam adalah satu-satunya jalan yg lurus, org-org yang mengikuti jalan ini, maka dia tidak akan pernah tersesat. Jika masih kita temui org yg mengaku Islam namun masih berada dalam kesesatan hidup ini, maka hal itu karena ia tidak menjalankan agama islam secara benar dan utuh, mungkin ia baru menjalankan islam secara parsial atau setengah-setengah, dan mungkin juga ia menjalankan islam yg tidak murni, bukan islam yg bersumber dari Allah dan rasulnya, ia hanya mengikut org-org yg ia kenal tanpa melakukan pengecekan dari sumber aslinya.

13.Salaamtud dunya wal akhiroh : keselamatan dunia dan akhirat. 16:97

Barangsiapa yg mengamalakan ajaran Islam secara utuh, benar sesuai sumber aslinya Al-quran dan assunnah, maka ia pasti akan mendapatkan keselamatan dunia dan akhirat.

Dan barangsiapa yg tidak mengamalkan ajaran Islam maka pasti ia tidak akan selamat di akhirat, krn ia akan dsiksa oleh Allah swt an dimasukkan ke dalam neraka naudzu billah min dzalika.

14. al-islamu ya’lu walaa yu’la alaih 16:97

Karena semua itulah, maka Islam merupakan agama yg tinggi dan tidak ada yg mengalahkan ketinggian ajaran Islam. Org yg berIslam adalah merupakan org-org yg memiliki derajat yg tertinggi di hadapan Allah swt. Harkat dan martabat seorg muslim mengalahkan harkat dan martabat org-org kafir, status sosial seorg muslim, bagaimanapun keadaannya dia tetap melebih status soisal org kafir. Penghinaan dan pelecehan terhadap seorg muslim merupakan sesuatu yg tdk dapat ditolerir.

Begitu pula ikhwan akhwat rahimakumullah, Bila kita menginginkan derajat yg tinggi maka kita harus termasuk org-org menegakkan, membela, dan mempertahankan Islam sampai mati, hanya dg itulah kita akan berjaya dan unggul di dunia dan akhirat, amin ya raobbal aamin.

Wallahu a’lam bish showab.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s